Kamis, 01 Desember 2011

Apakah Allah akan Mengampuni aku ...?


Anda mungkin berkata, “Aku ingin bertaubat, namun dosa-dosaku sungguh teramat banyak. Tidak satupun kebejatan dan tidak satu jenis pun dosa, yang dapat dibayangkan atau selainnya, yang tidak aku lakukan. Sangat buruk sehingga aku tidak tahu apakah Allah akan mengampuniku untuk apa-apa yang telah aku lakukan selama beratahun-tahun.” Sebagai jawaban, saya hendak memberi tahu engkau bahwa ini bukanlah sebuah persoalan yang unik, persoalan ini juga banyak dialami oleh mereka yang ingin bertaubat.


Ana akan memberikan contoh seorang laki-laki muda yang pernah mengajukan pertanyaan ini. Dia telah memulai perbuatan dosanya dari usia yang masih sangat muda, dan ketika mencapai usia 17 tahun dia telah memiliki catatan panjang melakukan berbagai macam kejahatan, besar dan kecil, dengan semua orang, tua maupun muda. Dia bahkan telah menodai seorang gadis kecil. Ditambah lagi daftar panjang pencurian (yang dia lakukan). Kemudian dia berkata, “Saya telah bertaubat kepada Allah, melakukan shalat tahajud di sebagian malam, berpuasa pada hari Senin dan Kamis, dan saya membaca Al-Qur’an setelah shalat Fajar.
Akankah taubatku dapat memberikan suatu manfaat?”
Ehmss.. ana kan terangkan dengan firman Allah : “Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan kembalilah kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya...” (QS Az-Zumar [39] : 53-54)

Inilah jawaban bagi persoalan ini. Hal ini cukup jelas dan tidak membutuhkan penjelasan lebih lanjut. Perasaan bahwa dosa-dosa seseorang terlalu besar untuk diampuni Allah lahir dari beberapa faktor:


Tidak adanya iman pada diri seorang hamba akan luasnya rahmat Allah.
Kurangnya iman terhadap kemampuan Allah untuk mengampuni semua dosa.
Kurangnya amalan hati seseorang, yakni harap (raja’).
Tidak memahami pengaruh taubat dalam menghapus dosa-dosa.


Ana akan menjawab semua point di atas dibawah ini:
Cukuplah dengan mengutip firman Allah: “…dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu…” (QS Al-A’raf [7] : 156)
Cukuplah dengan mengutip hadits qudsi yang shahih: Allah berfirman:
“Barangsiapa yang mengetahui bahwa Aku dapat mengampuni semua dosa, Aku akan mengampuninya, dan Aku tidak perduli selama dia tidak menyekutukan sesuatu denganku.” (Diriwayatkan oleh At-Tabrani dalam Al-Kabir dan oleh Al- Hakim; Shahih Al-Jami’, 4330).


Referensi : E-Book Best Seller“Aku Ingin bertaubat, Tetapi ... “
Oleh saudaramu : Imam Muslih (0813 7908 4115)

0 komentar: