Kamis, 17 Maret 2011

Membuat Login dengan Delphi 7

Pada posting sebelumnya saya memberikan tutorial melakukan encryption di delphi, pada kali ini saya memberikan contoh penggunaan encrypt pada login di program. Pada contoh ini saya menggunakan MS. Access sebagai database dan delphi 7 untuk programnya, sedangkan untuk koneksinya saya menggunakan ADO. Langsung praktek saja. Pertama siapkan database dengan nama “akun.mdb” dengan struktur seperti berikut ^_^ Field Tipe Data nomor autonumber username Text (50) passwd Text (50) dan isikan beberapa datanya nama : agus password : 123 nama : boni password : boni12 Agar lebih aman, untuk databasenya saya proteksi dengan password bawaannya ms.access, dengan password “admin”. setelah databasenya dibuat dan diisi, design sebuah form login seperti berikut : form login tambahkan 1 buah datamodule untuk menyimpan komponen-komponen ADO. Ganti nama datamodule menjadi “DM” tambahkan komponen ADO ke dalam datamodule, diantaranya : - TADOConnection (set property loginPrompt : False) - TADOQuery (set property Connection : ADOConnection1) Setelah di ditambahkan komponennya, kita buat koneksi ke databasenya pada event onshow, seperti code berikut : klik disini

2 komentar:

Remaja Muslim mengatakan...

Waduh siip banget

Anonim mengatakan...

Apa ya yang bagus,,,
blog sundel itu....
Penjelasannya kurang... :P

Paling cuman copas doankkk